Pameran Pariwisata, Mendedah Eksotisme yang Tersembunyi

Bahasa Jerman-FBS. Sejalan dengan peningkatan pengelolaan pariwisata dalam negeri, jumlah pengunjung baik lokal maupun internasional pun ikut melonjak. Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman sebagai salah satu jurusan yang bergerak dibidang kependidikan, juga memiliki peran untuk memajukan dunia pariwisata Indonesia. Tidak hanya mempelajari Bahasa Asing, mahasiswa juga dibekali kemampuan untuk merencanakan dan membuat biro perjalanan wisata.

Bertempat di ruang Seminar Gedung Kuliah I FBS UNY, sebanyak delapan stand berpartisipasi mewakili berbagai daerah. Daerah yang ditawarkan merupakan daerah-daerah yang belum terlalu dilirik oleh banyak wisatawan seperti pulau Bawean di Jawa Timur, Banyuwangi, Lampung, Tasikmalaya, Flores, Bangka Belitung dan Pacitan. Selaku dosen pengampu mata kuliah Deutsch für Spezialle Verwendung II (DSV II) Akbar K. Setyawan, M.Hum membebaskan mahasiswanya untuk memilih daerah yang ditawarkan. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat bebas berkreasi dalam mencari tahu kemudian mengenalkan daerah yang dipilihnya.

Hadir memberikan sambutan, Wakil Dekan III FBS Dr. Kun Setyaning Astuti. Ia mengungkapkan bahwa jurusan Pendidikan Bahasa Jerman merupakan salah satu pintu untuk bisa mengenalkan Indonesia ke Jerman khususnya dan negara lain pada umumnya. Tidak lupa ia juga berpesan untuk menjadikan moment ini sebagai moment motivasi untuk meraih sukses di masa depan. Sebelum memberikan sambutan, Kun menyempatkan diri berkeliling sembari bertanya serta mencicipi sajian yang disediakan tiap-tiap stand pameran.

Sejak Senin (11/01) baik panitia maupun peserta pameran sudah mulai mempersiapkan pameran. Setiap stand memiliki kekhasan dalam mendekorasi stand sesuai dengan daerah yang ditawarkan. Selain menawarkan paket perjalanan wisata, para peserta yang merupakan mahasiswa semester tujuh ini juga mengenalkan pakaian adat, kesenian serta kuliner khas daerahnya. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang penasaran akan kuliner unik tiap daerah. Hal menarik lainnya adalah presentasi kesenian tiap daerah yang sangat menghibur pengunjung. Setelah dilakukan penilaian oleh dosen pengampu, akhirnya dipilih juara untuk kategori presentasi terbaik dan juara umum.  See Than tour & travel hadir sebagai juara umum dengan Banyuwangi sebagai destinasi andalannya dan Rinayung tour & travel dari Flores sebagai juara kategori presentasi terbaik. (e.saf)