Pameran Akhir Semester dari Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman UNY Angkatan 2021

YOGYAKARTA (12/06/2023) Senin, 12 Juni 2023, bertempat di Cine Club UNY, digelarlah Pameran Proyek Akhir Semester Pendidikan Bahasa Jerman Angkatan 2021. Acara ini merupakan rangkaian dari berbagai mata kuliah, yakni Keterampilan Jerman, Kewirausahaan, dan Einführung in die Literaturwissenschaft (Pengantar Sastra). Acara yang digawangi oleh Putri Septiana A. (Kelas M), Yosefina Wae Dede (Kelas H), Umi Awaliyah (Kelas L), dan Meira Pratiwi (Kelas G) ini berlangsung semarak dengan beragam produk tugas akhir yang dipamerkan. 

Pameran ini diselenggarakan sebagai ajang pamer karya proyek Ujian Akhir Semester (UAS) untuk mata kuliah keterampilan Jerman, kewirausahaan, dan Einführung in die Literaturwissenschaft. Namun, lebih dari sekadar itu, acara ini juga bertujuan untuk melatih softskill dan hardskill mahasiswa di era 5.0 ini. Softskill yang ditekankan antara lain kreativitas, pengambilan keputusan, kolaborasi, komunikasi, serta pemanfaatan teknologi dan digitalisasi dalam kehidupan sehari-hari.

Putri Septiana, salah satu koordinator acara, menjelaskan, "Pameran ini tidak hanya sekedar untuk menunjukkan hasil belajar, tetapi juga sebagai ajang untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal berwirausaha dan berkomunikasi."

Proses seleksi proyek yang dipamerkan dilakukan secara kelompok dan dikonsultasikan dengan dosen melalui platform daring, yaitu zoom. Hal ini menunjukkan kolaborasi antara mahasiswa dan pengajar dalam menyiapkan pameran ini. Pameran ini disambut baik oleh Kadep Pendidikan Bahasa Jerman serta jajaran dosen lain yang turut hadir dan mengunjungi setiap stand karya mahasiswa. 

Keterlibatan mahasiswa dalam isi pameran sangat beragam. Untuk mata kuliah keterampilan Jerman, mahasiswa menampilkan karya seni berupa lukisan yang dilengkapi dengan penjelasan dalam bentuk audio bilingual Jerman-Inggris yang dapat diakses dalam bentuk blog. Sementara untuk mata kuliah Einführung in die Literaturwissenschaft, mereka memamerkan booklet berisi materi dalam bentuk PowerPoint dari hasil diskusi kelas. Terakhir, untuk mata kuliah kewirausahaan, mahasiswa menjual inovasi produk yang mereka buat, mulai dari makanan hingga jasa, seperti jasa fotografi.

Selain itu, Putri juga menyatakan alasan memilih Cine Club sebagai lokasi pameran, "Cine Club dipilih karena lokasinya yang strategis dan mudah diakses. Selain itu, ruangannya yang luas dan terletak di lantai bawah tanpa tangga membuatnya cocok untuk acara seperti ini."

Dengan antusiasme yang tinggi dari mahasiswa, Pameran Proyek Akhir Semester Pendidikan Bahasa Jerman Angkatan 2021 diharapkan menjadi ajang yang tidak hanya memamerkan hasil belajar, tetapi juga menginspirasi dan memotivasi para peserta untuk terus berkembang dalam berbagai aspek kehidupan. (Grisel)