Dosen Departemen Pendidikan Bahasa Jerman UNY Kunjungi SMAN 1 Teras dan Argotelo Salatiga

SALATIGA (25/01/2022) - Dalam upaya meningkatkan kerjasama antar-lembaga pendidikan serta untuk memperkaya pengalaman praktik kependidikan, Dosen Departemen Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Budaya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan kunjungan ke SMAN 1 Teras dan Argotelo Salatiga. Kegiatan ini dilaksanakan pada 25 Januari 2023. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat hubungan antara perguruan tinggi dan sekolah menengah, serta sebagai bagian dari program pengembangan kurikulum dan praktik lapangan.

Pada kunjungan ini, rombongan dosen dipimpin oleh Kadep Pendidikan Bahasa Jerman, Prof. Dr. Wening Sahayu, M.Pd. Kunjungan ke SMAN 1 Teras, Salatiga, bertujuan untuk melihat langsung kondisi sekolah dan berinteraksi dengan guru serta siswa. Kegiatan dimulai dengan diskusi bersama Kepala Sekolah SMAN 1 Teras, yang menyambut baik kedatangan rombongan dari UNY.

Prof. Dr. Wening Sahayu, M.Pd. menyampaikan tujuan dari kunjungan ini, yang salah satunya adalah untuk meninjau praktik kependidikan bahasa Jerman di lingkungan sekolah. Beliau juga mengungkapkan harapannya agar kerjasama antara SMAN 1 Teras dan UNY dapat terus ditingkatkan dalam hal pemberian pelatihan bagi mahasiswa yang kelak akan menjadi calon guru Bahasa Jerman di masa depan.

Selain kunjungan ke SMAN 1 Teras, rombongan dosen juga mengunjungi Argotelo Salatiga. Lokasi ini dipilih sebagai bagian dari program dosen berkegiatan di luar kampus, yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hubungan departemen dengan dunia usaha/dunia industri. Argotelo sendiri adalah tempat kursus bahasa Jerman yang dimiliki oleh Cita Mahanti, seorang alumni Pendidikan Bahasa Jerman UNY. Di samping kesehariannya sebagai pengajar Bahasa Jerman di SMAN 1 Salatiga, Cita juga mengembangkan usahanya di bidang olahan singkong. Harapannya, Cita dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang ingin berkecimpung di bidang enterpreneurship.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan mutu pendidikan bahasa Jerman di SMAN 1 Teras serta memberikan inspirasi bagi mahasiswa dalam memahami pentingnya praktik lapangan dalam proses pembelajaran. Diharapkan pula, kerjasama antara UNY, SMAN 1 Teras, dan Argotelo Salatiga akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi dunia pendidikan di Indonesia. (Dz)