Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman Pentaskan Musikalisasi Puisi dalam Reuni Alumni DAAD di Yogyakarta

YOGYAKARTA (24/07/2022) - Alumni DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst) Indonesia mengadakan reuni bersama alumni Universitas RWTH Aachen pada tanggal 22 Juli 2022 di Hotel Tentrem Yogyakarta. Reuni alumni dihadiri oleh anggota alumni dari seluruh negara yang pernah mendapatkan beasiswa DAAD. Reuni ini juga turut dihadiri oleh pihak Kedutaan Besar Jerman Jakarta.

Selain acara reuni, DAAD Indonesia juga menyelenggarakan sesi presentasi mengenai berbagai program beasiswa, dengan fokus utama pada alumni DAAD. Universitas RWTH Aachen yang juga turut serta dalam acara tersebut memberikan presentasi tentang pentingnya peran alumni dalam membangun jejaring dan memperkenalkan RWTH Alumni Club.

Dalam acara reuni ini, pihak DAAD meminta perwakilan mahasiswa dari Departemen Pendidikan Bahasa Jerman untuk mengisi acara tersebut. Meira Pratiwi (2021), Suhaila Aimana (2020), Rindi Oktavia (2020) dan Firyal Marita Pratiwi (2020) merupakan mahasiswa yang menjadi perwakilan dalam kegiatan ini bersama Iben, seorang alumni dari Pendidikan Bahasa Jerman. Mereka membawakan sebuah musikalisasi yang berjudul “Neue Liebe Neues Lieben”. Musikalisasi puisi ini diiringi oleh biola dan gitar yang dimainkan oleh Firyal dan Iben. Neue Liebe Neues Lieben menceritakan tentang keinginan Goethe untuk melarikan diri dari kekasihnya. 

“Kesempatan untuk hadir dan mengisi acara reuni DAAD ini merupakan kesempatan yang sangat berarti karena saya dapat memperoleh pengetahuan baru, relasi dan insight tentang kegiatan dari DAAD,” tutur Meira. (Astri)