Transfer Kredit Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman UNY dengan Uni Münster

MÜNSTER (20/05/2022) - Program Internationale Studien und Ausbildungspartnerschaften (ISAP) merupakan program transfer kredit bergengsi yang diselenggarakan atas beasiswa dari German Academic Exchange Service (DAAD) Bonn. Program ISAP ini berfokus pada bidang pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta menjadi satu-satunya di antara PTN/PTS yang terpilih untuk mendapatkan kesempatan bekerja sama dalam menjalankan program ini. Kerjasama antara UNY dengan Uni Münster melalui program Internationale Studien und Ausbildungspartnerschaften (ISAP) memberikan kesempatan pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman yang memenuhi kriteria untuk melakukan transfer kredit di Universitas Münster. Pada program ini UNY mengirimkan 3 mahasiswa yang telah terpilih ke Universitas Münster selama satu semester. Sebaliknya dari Universitas Münster juga mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti perkuliahan di jurusan Pendidikan Bahasa Jerman UNY. Setelah program transfer kredit selesai, maka mahasiswa akan mendapatkan konversi SKS.

Di tahun 2022 terdapat 3 mahasiswa yang terpilih untuk melakukan transfer kredit selama satu semester tepatnya dari bulan Februari hingga bulan Juli. Ketiga mahasiswa ini adalah Saputri Vivit Ariyani, Anydaufha dan Fauza yang terpilih dari 30 mahasiswa berdasarkan hasil dari 3 kali seleksi yang telah dilakukan. Syarat untuk mengikuti program ini yaitu minimal mahasiswa sudah berada di semester 5 dan mengikuti rangkaian proses seleksi dari jurusan. Proses seleksi yang pertama dilakukan dengan tes B1 dan diambil 20 mahasiswa dengan nilai tertinggi untuk mengikuti seleksi selanjutnya yaitu tes onSet. Pada tahap terakhir seleksi ini dilakukan secara langsung oleh tim dari Universitas Münster. Setelah itu mahasiswa yang lolos akan di bantu mempersiapkan keberangkatannya ke Universitas Münster. 

Selama disana, mahasiswa akan tinggal di Studenten-WG (Studenten-Wohngemeinschaften). Dalam proses transfer kredit ini, perkuliahan disampaikan sepenuhnya dalam Bahasa Jerman. Namun, calon peserta pertukaran mahasiswa tidak perlu khawatir karena ada Lektor DAAD yang bersedia membantu mahasiswa dalam mempelajari bahasa, terutama bagi yang akan berangkat ke Jerman. Selain itu, mahasiswa dari Universitas Münster yang mentransfer kredit ke jurusan Pendidikan Bahasa Jerman UNY untuk satu semester juga bersedia menghabiskan waktu untuk berdiskusi atau belajar berbicara dalam Bahasa Jerman. (Astri)