Inspirasi Alumni: Pengalaman Herr Ade dalam Studi dan Bekerja dengan Bahasa Jerman 

YOGYAKARTA (2023/05/04) - Departemen Pendidikan Bahasa Jerman dan Bund der Deutsch-Studenten (HIMA Pendidikan Bahasa Jerman), Fakultas Bahasa Seni dan Budaya, Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Studium General dengan tema “Mit Deutsch nach D. A. CH.” pada Kamis, 4 Mei 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen, guru, mahasiswa, dan siswa secara daring dan luring. Ade Umar Said Schütz, yang saat ini bekerja di Goethe-Institut München, membagikan pengalaman studi dan bekerja dengan bermodalkan kemampuan Bahasa Jerman. Herr Ade adalah lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FBSB UNY. Menurut Dr. Akbar Kuntardi Setiawan S.Pd, M.Hum, Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FBSB UNY, Herr Ade merupakan salah satu contoh alumni yang menjadikan bahasa Jerman sebagai gaya hidup atau peran peradaban. Beliau mengatakan bahwa ini adalah kesempatan yang sangat luar biasa. "Para mahasiswa dapat mencontoh kesuksesan Herr Ade, terutama bagaimana cara bertahan hidup dan mengatasi masalah yang dihadapi di Jerman," ujar Herr Iwan.

Selanjutnya, sebagai Präsidentin Bund der Deutsch-Studenten, Meira Pratiwi memberikan sambutan, mengucapkan selamat kepada Fakultas Bahasa Seni dan Budaya atas hari jadinya yang ke-60. Ucapan terima kasih juga disampaikan Meira kepada teman-teman yang telah bersedia hadir dalam acara hari ini, baik secara luring maupun daring. Selain itu, Meira juga menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada FBSB UNY yang ke-60. "Semoga acara ini dapat memeriahkan Dies Natalis FBSB dan kita semua semakin semangat belajar bahasa Jerman untuk meraih cita-cita," tutup Meira. (Mut)