TEMBUS 10 BESAR NASIONAL LEWAT DESAIN SEDERHANA

Siapa sangka, lewat desain sederhana, Alex Kurniawan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman 2011 berhasil menembus jajaran 10 besar tingkat nasional dalam Jerin Butterfly Effect Contest. Acara ini merupakan kontes yang diselenggarakan atas dukungan pemerintah Jerman lewat Jerin (Jerman - Indonesia). Jerin sendiri telah melakukan beberapa rangkaian acara untuk menunjukkan eratnya mitra antara Indonesia dan Jerman.

Kontes ini mengharuskan pesertanya mendesain ulang logo Jerin yang berbentuk kupu-kupu dengan kombinasi warna bendera kedua negara. Kontes mulai dibuka pada bulan Januari dan berhasil menyaring 62 desainer di seluruh Indonesia.

Melalui desain sederhana yang disuguhkan oleh Alex lewat kumpulan batu-batu kecil, ia berhasil masuk dalam jajaran 10 besar, Top Ten Jerin Butterfly. Ditanya filosofi dari desainnya ia mengungkapkan, “Batu kecil ini memiliki arti apabila disatukan dengan batu kecil lainnya akan menjadi kumpulan batu dan menjadi besar, ini merupakan analogi dari negara Indonesia dan Jerman. Satu batu kecil diibaratkan satu warga yang apabila disatukan akan menjadi kumpulan warga yang saling bergotong royong, membantu, membangun, dan menguatkan negaranya.

Setelah masuk sepuluh besar, Alex kemudian menghadiri acara Grand Final di Goethe Haus Jakarta pada Jumat (25/05). “Di sana saya menargetkan bisa masuk tiga besar, tetapi apa dikata, rival lain begitu handal,” ujarnya. Walaupun belum berhasil meraih juara III besar, Alex berhak membawa hadiah hiburan dan berharap pada kegiatan mendatang akan lebih berhasil. (Fitriananda/aw)