Deutsche Woche 2014

FBS-Jerman. Bukan hanya sebagai program kerja yang wajib dilaksanakan, Deutsche Woche menjadi ajang silaturahim Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman dengan masyarakat luas serta sebagai wadah mahasiswa untuk meningkatkan kualitas dan kreativitasnya. Jumat, 19 Desember 2014 HIMA Jerman (Bund der Deutsch Studenten) mengadakan malam puncak Deutsche Woche (DW) periode kepengurusan 2014. Kegiatan ini mengangkat tema "Ein Schöner Tag im Traumland" (suatu hari yang indah di negeri impian).

Acara ini semakin menarik dengan adanya beberapa stand yang berisi makanan, pakaian maupun pernak-pernik khas Jerman. Bertempat di laboratorium Karawitan C14 FBS UNY, acara puncak DW 2014 berlangsung sangat meriah. Meskipun diguyur hujan lebat, antusiasme penonton tidak berkurang. Acara dibuka pukul 19.00 WIB dengan penampilan Käse BDS kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan. Hadir pada malam itu mewakili jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Bapak Akbar K Setiawan M.Hum.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran film pemenang lomba film pendek. Hadir sebagai juara pertama adalah SMA N 2 Kebumen dan juara kedua SMA N 1 Salatiga. Beberapa siswa dan guru menyempatkan diri hadir untuk menerima hadiah berupa trophy dari Dinas Pariwisata DIY dan uang pembinaan. Selanjutnya adalah penyerahan hadiah kepada para pemenang beberapa lomba yang diadakan dalam rangkaian acara Deutsche Woche 2014. Lomba-lomba tersebut dilaksanakan beberapa hari sebelum malam puncak, diantaranya yaitu badminton se-UNY dan lomba film pendek se-DIY Jateng. Selain perlombaan, rangkaian acara DW 2014 juga diisi dengan seminar "Smart Tourguide", Deutschkurs (kursus Bahasa Jerman) dan donor darah. Hadir memeriahkan acara perwakilan Himpunan Mahasiswa FBS yaitu penampilan Edsacoustic (EDSA), Waton Klasik (HIPER) dan Hima Seni Musik.

Tidak kalah menarik adalah penampilan Regenbogen (theater BDS) yang telah membuat penonton begitu sumringah. Kali ini Regenbogen memainkan peran yang diangkat dari cerita dongeng Jerman "Hansel und Gretel". Para pemain didominasi oleh mahasiswa baru angkatan 2014 yang satu bulan telah berlatih keras bersama kakak-kakak seniornya. Tepat pukul 22.00 WIB HIMASIK menampilkan orchestra perpaduan antara instrumen musik modern dan tradisional. Sebuah penutup yang mengesankan. Bukan hanya sebagai program kerja yang wajib dilaksanakan, Deutsche Woche menjadi ajang silaturahim Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman dengan masyarakat luas serta sebagai wadah mahasiswa untuk meningkatkan kualitas dan kreativitasnya. (e.saf)

Tags: