Visi Misi Prodi Pendidikan Bahasa Jerman


VISI


Menjadi program studi yang unggul dan memiliki jatidiri kependidikan yang mampu menghasilkan tenaga akademik yang memiliki sikap profesional di bidang kependidikan dan bidang penunjang dalam bahasa Jerman berlandaskan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan.


MISI


Pada tahun 2015 memiliki kompetensi kompetisi sesuai dengan tuntutan global untuk:

1. Menyelenggarakan penelitian untuk menemukan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang pengajaran bahasa Jerman yang berdaya saing di tingkat regional (ASEAN) yang mengutamakan  ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan.

2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang bahasa Jerman, kepariwisataan, dan penerjemahan bahasa Jerman untuk menghasilkan lulusan unggul berdaya saing di tingkat regional (ASEAN)  berlandaskan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan.

3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Jerman yang mendorong pengembangan potensi lulusannya.

4. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang baik dan bersih serta membangun jejaring dan kemitraan dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat


TUJUAN


 
  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas sebagai bagian dari proses pendidikan guna membentuk mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa Jerman yang baik, serta memiliki karakter cendekia, mandiri dan bernurani.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia yang memilki kemampuan mengajar bahasa Jerman sebagai bahasa asing pada tingkat SMA dan sederajat dengan baik, serta memiliki wawasan dan pengetahuan dalam bidang bahasa Jerman untuk pariwisata dan penerjemahan.
  3. Mengembangkan keilmuan di bidang pengajaran bahasa dan sastra Jerman  serta bidang penerjemahan dan bahasa Jerman untuk pariwisata melalui kegiatan ilmiah dan penelitian. 
  4. Menerapkan hasil kajian teoritis dan penelitian di bidang pengajaran bahasa dan sastra Jerman serta bidang penunjang (penerjemahan dan bahasa Jerman untuk pariwisata) ke dalam proses belajar mengajar sebagai upaya untuk meningkatkan kualiltas proses pembelajaran.
  5. Mengadakan  program kegiatan pengabdian masyarakat berbasis kajian keilmuan di bidang pengajaran bahasa Jerman sebagai bahasa asing serta penerjemahan dan pariwisata.
  6. Mengadakan  program kegiatan pengabdian masyarakat berbasis penelitian di bidang pengajaran bahasa dan sastra Jerman kepada masyarakat umum.
  7. Mengembangkan hubungan yang sinergis dengan stake holder dan berbagai pihak atau institusi yang relevan dengan pengembangan keilmuan di bidang pengajaran bahasa Jerman sebagai bahasa asing, linguistik dan sastra Jerman.