Visi & Misi

VISI


Tahun 2020 menjadi program studi yang unggul dan memiliki jati diri kependidikan yang mampu menghasilkan tenaga akademik yang memiliki sikap profesional di bidang kependidikan dan bidang penunjang dalam bahasa Jerman berlandaskan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan.

 

MISI


Pada tahun 2015 memiliki kompetensi kompetisi sesuai dengan tuntutan global untuk

a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang bahasa Jerman, kepariwisataan, dan penerjemahan bahasa Jerman untuk menghasilkan lulusan unggul berdaya saing di tingkat regional (ASEAN)  berlandaskan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan.

b. Menyelenggarakan penelitian untuk menemukan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang pengajaran bahasa Jerman yang berdaya saing di tingkat regional (ASEAN) yang mengutamakan  ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan.

c. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan bahasa Jerman yang mendorong pengembangan potensi lulusannya.

d. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang baik dan bersih serta membangun jejaring dan kemitraan dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

 

TUJUAN

Tujuan program studi ini adalah untuk menghasilkan lulusan sarjana pendidikan bahasa Jerman yang memiliki keahlian, keterampilan, dan kompetensi di bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Jerman, kepariwisataaan, dan penerjemahan.

 

Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman memiliki kemampuan, keterampilan, dan kompetensi sebagai berikut.

1. Sebagai Guru Bahasa Jerman yang menguasai substansi kebahasaan bahasa Jerman dan keahlian sebagai guru bahasa Jerman, terampil menerapkan konsep-konsep dasar ilmu yang menopang bidang studi bahasa Jerman, mampu mengguna­kan didaktik dan me­­to­dik dalam pem­belajaran bahasa Jerman, mampu menelaah dan memberikan ma­­sukan alternatif jawaban atas masa­lah pendidikan bahasa Jerman.

2. Sebagai Pemandu Wisata berbahasa Jerman yang menguasai substansi kebahasaan bahasa Jerman dan keahlian bidang kepariwisataan .

3. Sebagai Penerjemah yang menguasai substansi kebahasaan bahasa Jerman dan keahlian bidang penerjemahan

Selain itu, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman memiliki kemampuan, keterampilan, dan kompetensi sebagai berikut.

1. Lulusan secara profesional mampu memiliki kualifikasi sebagai tenaga pendidik dan bidang kepariwisataan dan penerjemahan bahasa Jerman yang bisa bersaing di tingkat regional.

2. Lulusan yang mampu menemukan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang bahasa Jerman yang berdaya saing di tingkat regional yang mengutamakan ketakwaan, kemandirian dan kecendekiaan.

3. Terwujudnya kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang mendorong pengembangan potensi manusia, masyarakat, dan alam untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

4. Lulusan.

Di samping itu, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman mampu menjadi tenaga profesional yang menguasai bahasa Jerman setingkat B2 sesuai dengan GER (Gemeinsames europäisches Referenzrahmen) di bidang kependidikan dan pengajaran, kepariwisataan, dan penerjemahan.

 

SETIAP LULUSAN PROGRAM SARJANA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN MEMILIKI CAPAIAN PEMBELAJARAN MINIMAL SEBAGAI BERIKUT:

1. SIKAP:

Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan secara mandiri; dan Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

PENGETAHUAN:

Menguasai konsep keterampilan dan unsur kebahasaan dalam bahasaJerman. Menguasasi konsep dasar linguistik bahasa Jerman. Menguasai konsep pembelajaran (didaktik dan metodik) bahasa Jerman. Menguasasi konsep dasar penelitian pembelajaran bahasa Jerman danpengembangan pembelajaran bahasa Jerman. Meguasai konsep kesastraan, pengetahuan tentang negara Jerman, dan pembelajarannya. Menguasasi konsep budaya dan sastera Jerman dan pembelajarannya. Menguasai konsep dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa Jerman khususnya di bidang kursus bahasa/penerjemahan/, kepariwisataan/pegiatperkantoran.

KETERAMPILAN KHUSUS:

Terampil berbahasa Jerman baik secara lisan maupun tulisan minimal pada level bahasa B1+ berdasarkan GER. Terampil menganalisis berbagai satuan lingual dalam bahasa Jerman pada tataran fonologi, morfologi, sintaksis semantic, pragmatik dan wacana dengan tepat berdasarkan pendekatan dan teknik analisis yang relevan. Terampil merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Jerman pada jenjang pendidikan menengah atas dan dilembaga pendidikan non formal dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Terampil mengkaji masalah-masalah pembelajaran bahasa Jerman yang dapat digunakan untuk mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta mengaplikasikannya dalam prosespembelajaran bahasa Jerman. Terampil mendiskripsikan data dan fakta dan budaya Jerman berdasarkan penulusuran atas sumber terkini dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Mampu mengaplikasikan pemahaman lintas budaya dalam interaksi dengan penutur asli tanpa kehilangan jati diri bangsa, sehingga dapat menghindari konflik, geger budaya dan dampak negatif lainnya. Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kursus bahasa/penerjemahan/ pariwisata/perkantoran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

KETERAMPILAN UMUM:

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi dan gagasan, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian keilmuandan pembelajarannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidangkeahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu melaksanakan tugas secara mandiri; dan Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.