Workshop Evaluasi Tes Internasional Bahasa Jerman

FBS-Karangmalang. Selama tiga hari, (26-28/1), FBS menyelenggarakan Workshop Evaluasi Bahasa Jerman yang terkait dengan tes internasional. Kegiatan yang bertempat di Ruang Sidang PLA FBS ini salah satu bentuk kerjasama yang sering dilakukan antara FBS, khususnya Prodi Pendidikan Bahasa Jerman, dengan DAAD (Dinas Pertukaran Akademis Jerman). Kegiatan ini diikuti 19 orang dari kalangan dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jerman dan perwakilan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Jerman Kodya Yogyakarta yang terdiri dari beberapa guru SMA, SMK, dan MAN. Narasumber workshop Dr. Gabrielle Otto dari Universitas Indonesia yang juga aktif di DAAD.

Menurut Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, Dr. Pratomo Widodo, tujuan kegiatan ini antara lain untuk mempersiapkan siapa saja yang ingin belajar atau bekerja di Jerman. “Seringkali mereka harus memiliki kualifikasi kemampuan berbahasa Jerman yang dinyatakan dalam tes. Dengan demikian, selain mengenal lebih jauh soal-soal yang digunakan dalam tes standar kemampuan berbahasa Jerman, workshop juga membahas bentuk-bentuk tes yang dituntut oleh pemerintah Jerman apabila ada orang dari luar yang ingin belajar atau bekerja di Jerman,” tutur Pratomo.
Lebih dari itu diharapkan setelah mengikuti workshop dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jerman dan guru Bahasa Jerman dapat membimbing mahasiswa atau siswa apabila mereka harus mengikuti tes sebagai syarat bekerja maupun belajar di Jerman (Virga).