JERMAN VON JAVA : Semarak HUT BDS

(FBS-Karangmalang). Jerman von Java, itulah tema yang diusung para punggawa Bund der Deutsch Studenten (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman) FBS UNY dalam perayaan ulang tahun sekaligus Open House yang dilaksanakan pada selasa (29/3) malam. Fajar Pria Pambada, Ketua Panitia, menyatakan, “Kami memang mempelajari bahasa asing, tapi kami juga tidak ingin kehilangan identitas kami sebagai mahasiswa Indonesia.” Lebih lanjut, Fajar menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan ini telah dimulai sejak tanggal 14 Maret 2011 dengan Liga FUK, yakni pertandingan futsal antar angkatan putra-putri, lomba puisi, dan lomba kreativitas kelas. Selain kompetisi, BDS juga menyelenggarakan diskusi akademik bersama para dosen, serta bedah Novel “Silminisa’s Love” karya Ayu Nurfiah, Mahasiswi PB Jerman angkatan 2009.

Suasana pun semakin semarak dengan banyaknya penonton yang memenuhi Laboratorium Karawitan, tempat malam puncak HUT BDS berlangsung. Meskipun sederhana, dekorasi panggung yang disuguhkan mampu mewakili esensi yang dimaksud. Mereka menggabungkan ornamen bernuansa tradisional dengan dominasi hitam, merah dan kuning, warna khas bendera Jerman. Tidak hanya penampilan dari para mahasiswa PB Jerman, Organisasi Mahasiswa lainnya pun ikut memeriahkan HUT BDS kali ini.

Pembantu Dekan III FBS UNY, Herwin Yogo Wicaksono, M.Pd., yang turut hadir malam itu menyampaikan bahwa akan diadakan penganugerahan  HIMA paling responsif, yakni HIMA yang baik program kerja maupun personilnya menunjukkan peningkatan kualitas secara signifikan. “Ini adalah salah satu program universitas untuk memotivasi HIMA-HIMA agar semakin kreatif. Sejauh ini BDS adalah salah satu kandidat yang sangat potensial,”ujar beliau.  Sementara itu, Iman Santoso, M.Pd. menyatakan kebanggaannya, “Memang harus diakui bahwa kreativitas dari para mahasiswa kian  meningkat dari tahun ke tahun.” Dosen yang juga Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman ini berharap progres BDS terus berkembang hingga kepengurusan selanjutnya. (Diyan)